self talk

…sekedar jerat bagi loncatan-loncatan ide dan gagasan…

Apa Arti Nama Kampung Tempat Tinggalmu?

Setiap nama memiliki makna. Begitu pulalah dengan nama daerah tempat tinggal kita. Ada arti yang mungkin tersembunyi di balik nama-nama kampung atau daerah tempat kita tinggal. Pernahkah kita secara iseng -atau nggak iseng juga boleh- bertanya kepada orangtua kita, atau bertanya kepada leluhur, eh salah, maksudnya bertanya kepada sesepuh di kampung kita, bagaimana sebenarnya dulu sejarahnya koq kampung kita bisa dinamai demikian?

Kalu belum cobalah sekali-kali. Masak iya sih anda tak pengen tahu arti dari nama yang mungkin setiap hari anda sebutkan atau minimal anda baca namanya.

Saya mau cerita saja, mulai dari nama kampung tempat saya tinggal. Saya tinggal di Kampung yang bernama Suryodiningratan, letaknya persis di sebelah selatan Beteng Keraton bagian selatan, hanya berjarak beberapa ratus meter. Berbatasan dengan kampung Pugeran. Nama Suryodiningratan berasal dari nama seorang kerabat keraton yang tinggal di daerah situ yaitu Pangeran Suryodiningrat. Sebagai penghormatan kepada beliau, maka masyarakat setempat menamakan kampung ini dengan nama Suryodiningratan. Sampai sekarang nama tersebut juga diabadikan menjadi nama jalan utama yang melintas diwilayah tersebut dan secara administratif formal dijadikan sebagai nama kelurahan.

Itu tadi sejarahnya bagaimana kampungku bisa bernama Suryodiningratan. Masih ada banyak kampung lagi yang masing-masing nama memiliki cerita yang berbeda dibalik namanya. Menamai kampung berdasarkan nama kerabat keraton yang tinggal disana seperti yang saya ceritakan di atas hanyalah satu dari beberapa latar belakang penamaan suatu kampung.

Kalau di Kota Yogyakarta ini, khususnya di daerah dalam beteng (jeron beteng) dan sekitar benteng istana Kraton ngayogya karto, setahu saya ada tiga dasar penentuan nama kampung.

Yang pertama, kampung tersebut dinamai berdasarkan nama kerabat istana atau pangeran yang uga tinggal di sekitar situ. Seperti yang barusan saya ceritakan tentang kampung Suryodiningratan. Sudah paham kan maksudnya? Biar lebih jelas begini, sudah merupakan suatu kelaziman kalau para pangeran atau kerabat raja yang lain di beri tanah diluar beteng keraton. Masing-masing dari mereka mendirikan semacam small palace nya sendiri. Nah biasanya kemudian masyarakat atau rakyat jelata meminta izin untuk dapat tinggal di sekitar small palace itu. Biasanya juga sang pangeran itu mengijinkan dan mulai dari situlah tumbuh pemukiman warga yang terus dan terus berkembang sampai terbangun suatu komunitas masyarakat yang memiliki batas-batas wilayah. Nah, bermula dari situ kemudian mereka menamai kampung tempat mereka tinggal dengan nama Pangeran yang terkait, sebagi wujud penghormatan dan terimakasih kepda kerabat istana tersebut.

Contoh, daerah Pugeran, dulu merupakan tempat tingal Pangeran Puger. Suryatmajan tempat tinggal Pangeran Suryaatmaja. Tejokusuman merupakan wilayahnya Pangeran Tejakusuma. Dan lain sebagainya….Masi ada lagi misalnya Pujokusuman, Suryodiningratan, Suryowijayan, Mangkubumen, Ngadikusuman, Panembahan dst. FYI : Small Palace tersebut sebagian besar masih ada hingga sekarang dan biasanya masyarakat sekitar menyebutnya dengan Ndalem.

Dasar pemberian nama yang kedua adalah dari profesi orang-orang kebanyakan yang tinggal disana. Begini, jaman dulu Sultan itu sukanya menempatkan orang-orang yang berprofesi yang sama di suatu tempat. Tak tau kenapa, mungkin biar gampang nyarinya kali ya.. Misalkan, para pemuka-pemuka agama keraton ditempatkan di sekitar masjid agung Mataram. Makanya daerah tersebut kita kenal dengan nama Kauman. Yang berarti tempatnya para mbah Kaum.

Ada juga kampung Siliran, yang merupakan kampungnya para petugas lampu istana. Kemudian ada kampung Pajeksan kampungnya para jaksa. Ada Jagalan kampungnya par a penjagal sapi. Ada kampung Jlagran kampungnya para tukang Batu, memang jlagra dalam bahasa jawa brarti tukang batu. Ada lagi kampung Gamelan, kampung dimana para perawat kuda-kuda Raja tinggal. Coba buka KBJ (Kawruh Basa Jawa) gamelan memang berarti perawat kuda. Kampung Patehan yang ada di Barat plengkung Gading, merupakan wilayahnya para pembuat tehnya istana. Sudah pernah dengar kampung Pesidenan? Di kampung itulah para penyanyi keraton yang bertugas menembang dalam acara-acara istana tinggal.

Itu tadi penemaan kampung berdasarkan nama kelompok-kelompok profesional. Penamaan yang ketiga adalah penamaan yang berdasarkan nama laskar atau prajurit keraton. Di kategori ini ada kampung Jogokaryan tempat Laskar Jogokaryo tinggal. Ada Daengan tempat anggota Laskar Daeng, ada juga Wirabrajan dimana dulu laskar Wirobraja menetap. Selain itu masih ada lagi Kampung Prawirotaman, Ketanggungan, Mantrijeron, dan Surakarsan. Kesemuanya itu merupakan nama kampung yang diambil dari nama –nama Laskar nya keraton. Dan perlu di catet, laskar-laskar itu sampai sekarang masih ada lho…. kalo pengen lihat aksi mereka, coba deh datang ke keraton kalo pas ada kirab.

Setahu saya tiga macam itulah sumber penamaan suatu kampung. Ada lagi sih sebenarnya kategorisasi yang lain, yaitu menamakan kampung berdasar daerah asal orang yang tinggal disitu, tapi di Jogja ini setahu saya cuma ada satu, yaitu kampung Menduran, tempat orang-orang Madura tinggal. Sayangnya saya tidak tahu lagi apakah ada kampung dengan pengelompokan seperti ini yang lain.

Masih sangat mungkin ada latar belakang lain dalam pemberian nama suatu daerah, khususnya daerah yang agak jauh dari pusat keraton.

Karena itu, ndak ada salahnya yang punya informasi untuk bagi-bagi ceritanya. Atau ceritakanlah nama kampungmu dan sejarah asal namanya. Kalo memang belum tahu, tak ada salahnya menerka-nerka dan berspekulasi. Toh juga tidak dilarang to?

About these ads

19 comments on “Apa Arti Nama Kampung Tempat Tinggalmu?

  1. Roro
    Agustus 16, 2008

    wew,,, kota kecilku namanya Muntilan, desa tercintaku namanya Menayu… artinya???
    Muntilan-klo menurut temen2ku ci dari Mount Tile Land / Mount Island, tapi moso iya, emang orang dulu bisa bahasa Inggris???! tapi maksudnya si emang kota Muntilan ada di ekornya gunung Merapi, hehehe :D
    Menayu >>> masa dari men-ayu (biar cantik?!) maksudnya apa yah–tanya orang2 juga pada gak tau tu
    -_-”

  2. luqmantifaperwira
    Agustus 16, 2008

    Tak pikir Mounty Land : Tanah yang Bergunnung2.

    Men-Ayu :berarti doa biar warganya, khusunya para wanita, jadi cantik. Tak tahu tuh, sekarng doanya dah terkabul belum. :-D

  3. YoHang 07
    Agustus 17, 2008

    Nek Condongcatur opo yo? :D

  4. dzikrina
    Agustus 18, 2008

    bli aja kaos DAGADU, edisi oblongklopedi (malah iklan ik)

    hehe,,,,,

  5. northernhemisphere
    Agustus 19, 2008

    man pengen reti asal mula ndeso ku ra????
    penulusuranku wis final sampe jaman majapahit>nyai sompok.
    dijamin klenger bacanya, termasuk aku juga hampir edan dibuatnya…

  6. luqmantifaperwira
    Agustus 21, 2008

    Pengen Yas…. opo artine PANDES kuwi…
    Nek menurut penerawanganku…. PANDES iu artinya, PANCEN NDESO…..
    Apakah memang benar dugaanku itu…?

  7. nop
    Agustus 25, 2008

    NITIKAN? hehe…
    Pangeran Nitik? Laskar Nitik? Wong Nitik?
    -nek tak ceritakke panjang-

    Suryodiningratan –> Suryodi ning ratan (suryadi di jalan) hehehe….

  8. Sony HP
    Agustus 27, 2008

    Aq r ngarti somodaran ki sk ngndi je. Nek magelang sk magelhaens mgkn y :P sy malah tw ngayogyakarta hadiningrat. Nga = menuju ke yogya = sebaik2nya karta = kerja hadi = agung ning = jernih rat = manusia. Jadi kalo g salah tu bekerja sebaik2nya menuju ke manusia yang agung dan jernih.

  9. qha_chan
    Agustus 29, 2008

    kalo sodanten dari syahadatain lho

  10. qha_chan
    Agustus 29, 2008

    ‘sodanten ‘dari syahadatain lho

    kalo ‘gamping’ karena emang dulunya daerah bebatuan gamping

  11. Komunis
    September 4, 2008

    man…
    Jombor ki artine, air…
    tanah yang selalu kaya air..
    segala macam air ada…
    air…

  12. Roro
    September 6, 2008

    wee… magelang dari mahagelang… gelang besar!

    karena dikelilingi gunung2 gitu…

    gunung merapi, gunung merbabu, gunung sumbing, gunung sundoro, peg. menoreh,,, ehm, kayaknya ada satu satu deh,,,

  13. Roro
    September 6, 2008

    waaaaaaaaaa, kotaku subur… banyak gunung vulkanik ^o^ makmur, alhamdulillah

  14. fajarbs
    September 6, 2008

    Karang Nangka

    Kebun Nangka,,, tap kok g ana nangkane yo,,,ckckckck

  15. tya oke
    Desember 16, 2008

    wahh.. apa yaa.. tempatku kelurahannya Condongcatur. dan mas yang di atas (mas yohang?) juga nda taw artinya.

    kalo desanya namanya Karangasem. Banyak pekarangan asem mungkin dulu. tapi knp skrg jd bny pohon mlinjo nya ya? hm..

  16. nadiia
    Desember 25, 2008

    nimbrung nggih… gak tauw juga sih Klaten itu dari kata apa.,, tapi yg jelas kota kecil nan imut itu adalah pusat peradaban dunia di masa datang…(ini statement yang kontroversial dan selalu diguyu Uzzy)..

    but, let’s check… Rektor kita dari mana? Jaksa2 agung dari mana? Icuk Sugiyarto-Sigit Budiyarto? Hidayat Nur Wahid? ketua HRD Pertamina? Kak Seto? maz Fathan? jawabannya satu–> Klatenn!!

    yang lebih heboh adalah Osama bin Laden!! Setelah diteliti track record nya ternyata dia terbukti TiDAK berasal dari Klaten!!

    Kasiian..

  17. sartono kusumaningrat
    Januari 21, 2009

    eh temen 2 kamu pada baca tembi.org aja. di situ ada nama2 desa/tempat lengkap dg sejarahnya. bukan cuma secuplik gitu.
    Coba pikir nama Tembi berasal dari apa ? Dagen ? Sleman ? Bantul ? Sentolo ? Boro ? Nglipar ? Playen ? Parakan ? Temanggung ? Pajang ? Turgo ? Prambanan ? Piyungan ? Pleret ? Kretek ? Samas ? Congot ? Kedundang ? dan masih buanyak banget. Coba telusuri sejarahnya ….

  18. noven
    Juli 23, 2009

    wah arti kata sentolo kok gak ada ya….!!!!

  19. AF10
    Oktober 25, 2009

    nek Kayen artine opo? XD
    @mz yohang: mbiyen dho dolanan catur,njuk awake dho condong2… (lmao)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Information

This entry was posted on Agustus 14, 2008 by in Lihat Sekitar Kita....
Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: